Buah Apel dan Manfaat Buah Apel Bagi Tubuh

 

Apel adalah salah satu jenis buah yang sangat populer dan banyak disukai oleh masyarakat didunia ini. Rasa manis dan lembutnya tekstur buah, menjadikan buah ini sebagai salah satu favorit sebagian besar masyarakat. Selain memiliki rasa lezat, Ternyata buah apel kaya akan kandungan zat-zat / senyawa bermanfaat untuk tubuh kita. Dengan mengkonsumsi buah apel secara rutin dan teratur, dapat meningkatkan kesehatan tubuh.

Klasifikasi apel
klasifikasi ilmiah

  • Kerajaan : Plantae
  • Divisi :  Magnoliophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Ordo : Rosales
  • Famili : Rosaceae
  • Upafamili : Maloideae atau Spiraeoideae
  • Bangsa : Maleae
  • Genus : Malus
  • Spesies :  M. domestica
  • Nama binomial : Malus domestica

 

Kandungan Buah Apel

 

Dalam buah apel, terkandung banyak vitamin seperti vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, dan vitamin C. Terdapat pula sejumlah mineral seperti potassium, magnesium, kalsium, zat besi, zinc. unsur lainnya seperti fitokimian, tanin, serat, baron, asam tartar terdapat juga dalam buah apel.

Manfaat Buah Apel bagi Kesehatan Tubuh

 

  1. Sistem pencernaan
    Serat pada buah apel mampu mencegah penyakit yang berkaitan dengan sistem pencernaan, seperti konstipasi atau diare. Hal ini karena serat dalam apel membantu menyerap air dalam usus dan membuat sistem pencernaan lancar.
  2. Kesehatan gigi
    Menggigit dan mengunyah apel mampu merangsang produksi air liur dalam mulut. Hal ini akan mengurangi kemungkinan gigi keropos dan menurunkan tingkat bakteri dalam mulut.
  3. Sistem kekebalan tubuh
    Apel merah mengandung antioksidan yang disebut quercetin. Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa quercetin mampu meningkatkan kekebalan tubuh, terutama ketika Anda sedang depresi.
  4. Katarak
    Penelitian jangka panjang menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi diet buah kaya antioksidan seperti apel memiliki risiko terkena katarak 10 – 15 persen lebih sedikit.
  5. Risiko Alzheimer
    Sebuah penelitian pada tikus menunjukkan bahwa mengonsumsi jus apel mampu mencegah penuaan otak. Tikus dalam penelitian yang mengonsumsi apel menunjukkan hasil tes yang lebih baik dalam hal kemampuan kognitif.
  6. Kanker
    Peneliti di Cornell University telah mengidentifikasi beberapa senyawa bernama triterpenoids yang terdapat pada kulit apel. Senyawa ini diketahui mampu menghambat pertumbuhan sel kanker lever, usus besar, dan payudara. Penelitian sebelumnya menemukan bahwa ekstrak buah apel mampu menurunkan jumlah dan ukuran tumor pada tikus. Apel yang tinggi serat juga diketahui mampu menurunkan risiko kanker usus besar.
  7. Diabetes
    Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anita yang mengonsumsi setidaknya satu apel sehari memiliki kemungkinan 28 persen lebih sedikit untuk terkena diabetes tipe-2 dibandingkan wanita yang tidak mengonsumsi apel. Hal ini dikarenakan oleh serat pada apel yang bisa mengontrol tingkat gula darah.

Itulah beberapa manfaat mengejutkan apel bagi kesehatan. Apel adalah buah yang mudah didapatkan dan terjangkau. Jadi, tak ada salahnya mulai membiasakan diri mengonsumsi buah ini setiap hari.