Gejala Malaria yang perlu di Waspadai

 

Gejala malaria seringkali tidak dapat terdeteksi karena gejala awalnya seperti mengalami demam dan influenza biasa yang disertai sakit kepala, sakit otot dan menggigil,  setiap jenis infeksi dari parasit plasmodium akan menimbulkan efek penyakit berbeda tergantung jenis parasit yang menginfeksi penderita. Berikut ini adalah beberapa tanda atau gejala penyakit malaria yang sering terjadi :

  1. Demam ringan, demam adalah satu ciri khas dari gejala malaria, kemudian disusul sakit kepala, sakit otot, dan menggigil. Kondisi ini berlangsung selama 2-3 hari dan cenderung keliru didiagnosa sebagai gejala flu.
  2. Jumlah limfosit dan monosit meningkat. Jika tidak segera diobati biasanya akan timbul jaundice ringan (sakit kuning) serta pembesaran hati dan limpa.
  3. Kadar gula darah rendah.
  4. Jika sejumlah parasit menetap di dalam darah, kadang malaria bersifat menetap. Menyebabkan penurunan nafsu makan, rasa pahit pada lidah, lemah disertai demam.

Waspadai gejala dan tanda-tanda berikut, jika Anda atau kerabat mengidap gejala seperti yang dikutip, segera tangani dengan cepat. Lebih baik mencegah dari pada mengobati, mulailah dengan gaya dan perilaku hidup yang bersih, tidak membiarkan tumpukan barang kotor / sampah di sekitar tempat tinggal, karena biasanya tempat seperti itu menjadi tempat favorit bagi beberapa jenis nyamuk untuk hidup dan berkembang biak.