SETIAP ORANG MEMBUTUHKAN WAKTU ISTIRAHAT YANG CUKUP

Sepertiga dari kehidupan manusia dilewatkan dengan tidur, waktu/ jam tidur manusia tersebut berhubungan dengan kualitas hidup dan keberadaannya. WHO menetapkan “tidur nyenyak” merupakan salah satu standar dari kesehatan manusia, dimulai sejak tahun 2001, setiap tahun pada tanggal 21 Maret ditetapkan sebagai “Hari Tidur Sedunia”. Baik buruknya tidur, tidaklah selalu berdasarkan jam tidur yang panjang atau singkat, hanya saja jika benar-benar tidur nyenyak, sel pallium bisa memulihkan rasa lelah, saat bangun maka akan merasa lebih nyaman, tenaga dan semangat pulih kembali, dengan demikian dikatakan kualitas tidur baik. Dengan pola hidup zaman sekarang dimana segalanya serba terburu-buru dan juga tekanan yang semakin bertambah, tingkat stress yang tinggi menyebabkan waktu tidur menjadi berkurang, insomnia pun menjadi satu masalah bagi zaman sekarang.

Kekurangan tidur juga membuat gairah seks berkurang. Pria yang sehat namun tidak dapat tidur selama dua hari berturut-turut akan menurun jumlah testosteronnya. Setelah ia dapat tidur nyenyak, jumlah testosteron kembali normal. Kekurangan testosteron dapat menyebabkan gairah seksual berkurang. Setiap orang memiliki kebutuhan istirahat yang lamanya berbeda-beda. Ada yang merasa cukup fit dengan tidur 4–5 jam sehari, ada yang baru merasa fit setelah tidur selama 8 jam sehari. Beberapa dermatologis berpendapat, sel-sel kulit baru tumbuh lebih cepat pada waktu Anda tidur.

1.    Cobalah naik ke tempat tidur pada waktu yang sama setiap hari agar Anda bisa tidur nyenyak dengan rutin.
2.    Hindari minum kopi pada sore dan malam hari (teh dan cokelat juga mengandung kafein).
3.    XAMthone Plus dapat membantu Anda tidur pulas.

Istirahat tidak hanya mercakup tidur, tetapi juga bersantai, perubahan dalam aktifitas, menghilangkan segala tekanan-tekanan kerja atau maasalah-masalah lainnya. Berjalan di udara segar, bermain tenis, menjernihkan pikiran, semuanya dapat menenangkan otot-otot. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh seseorang pada saat ini sangat melelahkan, umat manusia berusaha keras untuk bekerja. Kita semua membutuhkan istirahat untuk melawan segala kepenatan.

Studi menunjukkan dimana setelah kita bangun dari tidur yang cukup, otak kita kembali berfungsi dengan sangat baik. Pencapaian persetujuan, pemahaman segala jenis masalah biasanya dapat diselesaikan dengan sukses apabila dilakukan pada pagi hari dibanding pada di waktu malam hari. Pertumbuhan hormon penting untuk meningkatkan kualitas, ukuran dan efisiensi otak, juga meningkatkan pengangkutan asam amino dari darah ke otak, yang memungkinkan sel urat syaraf untuk dapat memiliki pengetahuan yang permanen dan berguna. Kebanyakan dari pertumbuhan hormon diproduksi pada saat kita tidur dengan tenang (tanpa beban).

Salah satu hormon yang penting lainnya adolah Kortisol, dimana waktu produksi terfingginya adalah dari waktu tengah malam hingga di waktu pagi (pagi-pagi sekali). Kortisol memainkan peranan yang besar dalam membantu kita menghadapi stress/tekanan yang kita hadapi setiap hari, mengurangi rasa penat dan peradangan.