Jenis Kanker Yang Sering Dijumpai Pada Anak

 

Jenis Kanker Yang Sering Dijumpai Pada Anak – Kanker adalah penyakit akibat pertumbuhan sel yang tidak normal. Peristiwa ini bisa terjadi pada siapa saja. Riset membuktikan bahwa setiap manusia setidaknya memiliki persentase 5% resiko kanker dari gen/keturunan, 95% sisanya berasal dari gaya hidup yang tidak sehat serta adanya efek dari benda-benda, seperti radiasi dan polusi.

Pada anak, kanker pun juga kerap terjadi. Apasajakah jenis kanker yang sering dijumpai pada anak? Berikut datanya:

1. Leukemia

 

Leukemia atau kanker darah merupakan jenis kanker yang sering dijumpai pada anak paling banyak. Jumlahnya kurang lebih mencapai 30% dari seluruh penyakit kanker pada anak. Angka kejadian tertinggi terjadi pada anak usia 3-6 tahun.
Gejala yang perlu diwaspadai :

  • Pucat dibarengi lesu atau lemah. Umumnya kondisi ini berkaitan dengan nafsu makan yang berkurang.
  • Demam yang tidak jelas penyebabnya.
  • Perdarahan abnormal yang mudah dilihat pada kulit.
  • Permukaan kulit tampak biru kehitaman atau lebam padahal sebelumnya tidak jatuh atau terbentur.
  • Nyeri pada anggota gerak (tulang).Perut teraba keras atau membengkak, dan kelenjar getah bening bengkak.
2. Tumor Otak

 

Tumor otak menyerang bagian otak. Baik tumor ganas maupun jinak akan memberikan masalah yang sama beratnya karena otak terletak dalam rongga tengkorak yang luasnya terbatas. Dampak yang ditimbulkan kedua jenis tumor tersebut sama, yaitu merusak struktrur serta fungsi susunan saraf pusat.
Gejala yang harus diwaspadai :

  • Sakit kepala disertai mual atau muntah yang menyembur, penglihatan berkurang atau terganggu, dan ada penurunan kesadaran atau perubahan perilaku.Ciri khusus pada bayi adalah ubun-ubun besarnya menonjol.
  • Terdapat gangguan berbicara atau keseimbangan anggota gerak melemah (lumpuh) atau kejang.
3. Retinoblastoma

 

Kanker di retina mata paling sering dijumpai pada anak berusia antara 6 bulan sampai 2 tahun.
Gejala yang perlu diwaspadai :

  • Bercak putih di bagian tengah mata (retina) yang seolah bersinar bila kena cahaya (seperti mata kucing), penglihatan terganggu atau mata menjadi juling dan pada stadium lanjut, bola mata tampak menonjol.
4. Kanker Kelenjar Getah Bening

 

Penyakit ini mempunyai angka kejadian tertinggi pada anak usia 5-7 tahun.
Gejala yang perlu diwaspadai :

  • Pembesaran dan pembengkakan kelenjar getah bening yang progresif di leher, ketiak, atau selangkangan. Umumnya gejala tersebut tidak disertai tanda infeksi.
  • Anak menjadi lemah, lesu, dan nafsu makan menurun.
5. Neuroblastoma

 

Kanker saraf simpatis primitif ini dapat timbul di berbagai bagian tubuh. Bagian yang paling sering mengalaminya adalah kelenjar anak ginjal (adrenal supra renal). Gejala yang ditimbulkan cukup beragam bergantung pada letak tumor dan penyakitnya. Namun umumnya, gejala awalnya sulit diketahui. Sebagian besar penderita datang pada stadium lanjut.

Gejala yang patut diwaspadai :

  • Kelopak mata membengkak dan biru, bola mata menonjol, atau kelopak mata tampak turun.
  • Munculnya benjolan-benjolan di kepala, kelumpuhan mendadak, pincang yang disebabkan patah tulang tanpa sebab, perut membesar dan keras.
6. Kanker Ginjal

 

Yang paling banyak dijumpai pada anak adalah tumor wilms (nefroblastoma). Angka kejadian yang tertinggi pada usia 3-4 tahun.
Gejala yang patut diwaspadai :

  • Gejala dini kanker ginjal sulit dideteksi. Namun, biasanya ditandai dengan kencing yang berdarah, rasa tidak enak di dalam perut, dan bila telah cukup besar dapat teraba sebagian perutnya yang membesar dan keras.
7. Kanker Otot Lurik (Rabdomiosarkoma)

 

Kanker yang berasal dari jaringan otot lurik ini dapat terjadi di mana saja. Pada anak biasanya terjadi di daerah kepala, leher, kandung kemih, prostat, dan vagina. Karenanya, gejala yang muncul sangat tergantung pada wilayah yang diserang. Kanker otot lurik pada rongga mata ditandai dengan mata yang menonjol. Di telinga menyebabkan nyeri pada telinga yang dapat disertai perdarahan. Bila mengenai otot lurik dari anggota gerak, maka terjadi pembengkakan.

8. Kanker Tulang (Osteosarkoma)

 

Merupakan salah satu kanker yang banyak dijumpai pada anak. Biasanya antara usia 10­20 tahun.
Gejala yang perlu diwaspadai :

  • Pembengkakan tulang yang progresif, disertai rasa nyeri dan demam.
  • Ada pula yang disertai trauma (benturan) seperti jatuh yang tidak jelas pemicunya.

Itulah beberapa jenis kanker yang sering dijumpai pada anak. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalin semua.